awalsadja

menghitung tarif listrik

Posted on: 2 August 2007

Biaya listrik = kebutuhan daya X lama pemakaian X harga tarif listrik (TDL).

Tarif Dasar Listrik (TDL) menurut http://www.pln.co.id
Golongan R1 (< 2200 VA), 1 kWh = Rp 320,- untuk pemakaian sampai dengan 20 kWh
Golongan R2 (2200 VA – 6600 VA), 1 kWh = Rp 575,-
Golongan R3 (>2200 VA), 1 kWh = Rp 621, -

Contoh hitungan:
biaya bulanan pemakaian lampu 100 watt per hari 10 jam,
(100W) x 10 jam x 30 hari = 30.000 Wh = 30 kWh
untuk golongan R1 -> 30 kWh X Rp 320(TDL) = Rp 9.600

apa jadinya jika lampu tersebut diganti sama yang 20 watt
(20W) x 10 jam x 30 hari = 6.000 Wh = 6 kWh
untuk golongan R1 -> 6 kWh X Rp 320(TDL) = Rp 1.920
hmmm,  itu baru satu alat elektronik…

ayoo hemat listrik ;)

About these ads

10 Responses to "menghitung tarif listrik"

pake pake aja… naek naek aja…. mau murah? tinggal di hutan…
Kasihan pegawai PLN nanti gak isa dapet gebetan lagi….
Wong wis amburadul … yo… jorke wae….
kita rakyat golongan paling bawah.. tempatnya kalah tempatnya ngalah…… Dibilang PLN gak tau diri nantinya salah, kan PLN single supplier

Bener mas bayu, coba aja kalo listrik di indonesia ini di-swasta-in.. pastinya akan ada kompetisi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik. Mentang2 gak ada kompetitornya, jadinya ya kita gak bisa milih yang lain,… pilihannya cuma pake listrik ato nggak pake..
hhhhhhh….

PLN korup sih…. kaga heran listrik termasuk yg termahal di dunia juga masih merugi. Itu yg nyolong listrik di pinggir jalan aja ga diapa2in. Yang mesti nanggung, kita2 pelanggan listrik rumahan. Indonesia udah ancur mas….. tinggal nunggu waktu meledak.

trims atas pengetahuannya

Kalo ingin murah baiknya kita juga dukung lansgung caranya ya pakai leitrik seperlunya dan kalo nis aya kita kembangin nergi laternatif untuk berbgai keperluan.

yo wis ben…..ben doso dewe………….

Gimana bisa berhemat kalo sistemnya aja menerapkan rekening minimum (40 jam nyala x daya tersambung). Jadi percuma saja berhemat toh jika pemakaian dibawah rekening minimum bayarnya sama aja. CMIIW.

kacau lah pokoknya,,listrik makin naik aja.
dah sering ada kejadian pemadaman berkala lgi,punya usaha warnet kecil2an,,klo mati lampu terus bisa gawat.

sudah naik belum tarifnya sekarang ? salam kenal dari http://budiharso.wodpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: